Sunday 21 July 2013

South Korea - Jeju Island

Daratan Pulau Jeju mulai terlihat ketika pesawat yang membawa kami dari Seoul mulai menurunkan ketinggiannya untuk pendaratan. Dari balik jendela, mata mulai berkeliaran melihat pemandangan di bawah sana.
Tiba-tiba mata tertuju pada satu objek di bawah sana seperti sebuah pit tambang. Pemandangan ini membuat saya berpikir "Apakah benar ada tambang di Jeju? "Apakah perusahaan tambang tersebut sedang membutuhkan engineer?". Kemudian terpikir untuk bisa bekerja di pulau yang sudah sejak lama jadi impian untuk berkunjung ke sini. Oke, pemikiran tersebut dipending dulu. Kembali ke Indonesia, saya pun mencari info di internet, tidak banyak informasi yang bisa saya temukan tentang penambangan di Jeju. Pupus harapan untuk bekerja sebagai mining engineer di Jeju. Lahh, kok malah curhat di postingan ini .

Kembali ke topik...
7.00 pm Korean Time,  Jeju International Airport

Ohh ia saya ke Jeju selain bersama Medi , Septi juga bersama teman-teman BPI (Mbak Mona, Mbak Yetty, Mbak Laras, Mbak Khaira, Tante & Om Mbak Khaira) yang baru saja bergabung hari ini. Untuk soal penginapan, kami sudah memesan SUM Guest House melalui booking.com jauh-jauh hari sebelum keberangkan. Menurut info di booking.com lokasi guest house ini terbilang dekat dari Jeju Airport.  

SUM Guest House Map 


SUM Guest House (www.sumhostel.com/jeju )
The SUM is located in the center of Jeju City. Address : 2829-1 Yongdam 1-dong (Seogwang-ro 5Gil 2-2) Jeju-si Jeju Island. 

How to get
By Bus : Take a bus #100 (at the Gate #2 of airport 1F), get off at Jeju Bus Terminal.
Cross the road opposite of the Jeju Bus Terminal, Pass by the Jeju Bank then turn left.
By Taxi : U- turn in front of JEJU bus terminal, come into side of Jeju bank and turn left at first alley. About 3. 000 won from Airport
Pembayaran tiket bus dapat menggunakan T-Money atau cash. Jika naik taksi di Jeju, tunjukkan alamat SUM Guest House ke driver dalam huruf Hangul, karena kebanyakan dari mereka tidak bisa membaca huruf latin.

Behind the story pencarian SUM Guest House....Sebenarnya untuk mencapai SUM Guest House tidak terlalu sulit (berjalan dari Jeju Bus Terminal hanya sekitar 5 menit saja). Berhubung malam itu mungkin karena habis jet lag kali ya, disertai hujan gerimis (untung saja suhu di Jeju tidak sedingin di Seoul) hampir satu jam kami berdiri gak jelas di depan 7 Eleven mencari tahu alamat SUM Guest House (lost beneran -_-). Usaha mencari tau alamat ke penjaga 7 Eleven, bertanya kepada supir taksi nihil. Semua diakibatkan booking hotel yang kami pegang berbahasa Inggris. Bertanya kepada orang sekitar, tidak seorang pun yang bisa berbahasa Ingris. Nomor telepon di kode booking tidak bisa dihubungi. Beruntung ada 2 orang anak muda membantu kami (yang satu ternyata orang Singapore yang bisa berbahasa Korea & English). SUM Guest House akhirnya ketemu. Yaaayaa,,namanya juga backpacker, lost itu harus dinikmati...Oke sipp



To get SUM Guesthouse from Jeju Bus Terminal

Inside of SUM Guest House

Disambut ramah oleh pemilik guest house. Kami pun menunjukkan bukti reservasi yakni masing-masing 1 bed ( type : 8 bed female dormitory room) selama 2 malam. Harga bed per malam  W 20.000 (include breakfast).

Tanpa sengaja saya melihat selebaran bahwa SUM Guest House juga memiliki private tour. Kami sebenarnya jauh2 hari dari Indonesia memutuskan untuk memakai jasa tour 1 hari di Jeju. Searching di internet ada beberapa pilihan seperti ikut Yeha Tour (yang banyak direkomendasikan), rent car seharian, atau dengan menggunakan transportasi publik. Namun, kami tidak mencapai kesepakatan karena faktor harga & lokasi yang ditawarkan tidak sesuai keinginan, pilihan terakhir tentu tidak mungkin mengingat kami hanya sehari saja di Jeju dan jarak tempat wisata di Jeju yang relatif jauh tentu akan menghabiskan waktu yang lama di jalan. Beruntung kami berjumlah 9 orang jadi bisa untuk menyewa private tour dengan penggunaan mobil bisa kemana saja, tinggal kesepakatan aja dengan driver kita akan diantar ke lokasi apa saja (biaya kecuali tiket masuk tempat wisata).

 One Day Tour Jeju - SUM Tour

Saya pun bertanya kepada abang pemilik guest house tentang tempat wisata menarik di Jeju. Bagaimana caranya ke sana dan sebagainya!. Dia pun dengan welcome menjelaskan apa yang saya tanyakan. Katanya untuk mengexplore keseluruhan Jeju idealnya butuh 3 hari. Karena keterbatasan waktu kami pun disarankan untuk mengunjungi daerah utara-timur Jeju saja (sesuai alokasi waktu 8 - 9 Jam).

Berikut gambaran itinerary one day tour Jeju
*Pagi hari menikmati suasana cherry blossom yang terletak tidak jauh di belakang Jeju Bus Terminal (hanya berjalan kaki 5 menit saja dari SUM).
*Dimulai jam 8.00 pagi dan lokasi yang dikunjungi sebagai berikut;
- Manjanggul Cave
- Seongsan Ilchulbong Peak
- Seopjikoji
- Jeju Folk Village
- etc (menyesuaikan waktu hingga  jam 5.00 sore)

1 comment: