Tuesday 13 May 2014

Singapura, Surga Ruang Terbuka Hijau

Singapura adalah negara dengan luas wilayah daratan sekitar 716 km2 (peringkat 190 luas wilayah negara di dunia). Negara yang hanya sebesar kota Jakarta ini, telah mampu menyulap sebagian wilayahnya menjadi ruang terbuka hijau (green spaces) sehingga negara kota ini tidak hanya didominasi oleh pemandangan gedung-gedung dengan segala modernitasnya tetapi juga pemandangan hijau bernuansa alam. Di Singapura, kita tidak akan menemukan ada lahan yang menganggur tanpa fungsi. Dengan konsep City in a Garden, taman sebagai ruang terbuka hijau menjadi tempat wisata yang tidak kalah menarik untuk dikunjungin. Garden by the Bay, Chinese & Japanase Garden, dan Singapore Botanic Gardens adalah contoh ruang terbuka hijau di Singapura.

1. Garden by the Bay
Terletak di kawasan Marina Bay. Adalah taman yang dibuat dari hasil reklamasi laut seluas 101 Ha. Garden by the Bay merupakan salah satu objek wisata yang terbilang baru sejak diresmikan pertengahan tahun 2012 lalu. Taman ini dibagi dalam 3 bagian : Bay South Garden, Bay East Garden, & Bay Central Garden. Taman terbesar adalah Bay South Garden seluas 54 Ha. Informasi lanjut klik  Garden by the Bay.

How to get Garden by the Bay...MRT terdekat adalah Bayfront MRT Station (jalur kuning atau circle line), keluar melalu exit B atau dari Marina Bay Sands berjalan ke arah selatan.

Garden Admission...Outdoor garden di Bay South Garden gratis biaya masuk. Konservatori (Flower Dome & Cloud Forest) dikenakan biaya masuk $28 untuk dewasa dan $15 untuk anak-anak. Supertree Grove, untuk masuk ke taman gratis namun untuk menaiki OCBC Highway dikenakan biaya $5 untuk dewasa & $3 untuk anak-anak

View on Bridge Conecting Marina Bay Sands to Bay South Garden Gate
 

  
Supertree Grove

With Winda & Ummi (Background : Marina Bay Sands)
 

 
Pakailah payung/topi yang dapat melindungi anda dari sengatan terik matahari siang Singapura #lol

2. Chinese & Japanese Garden 
Atau yang lebih dikenal dengan Jurong Garden. Dibangun pada tahun 1975 dan dirancang oleh Prof Yuen-chen Yu, seorang arsitek dari Taiwan, konsep taman ini dibangun layaknya sebuah taman klasik di China. Taman seluas 13.5 Ha ini sangat tertata rapi & terawat, membuat Anda benar-benar berasa seperti di China. 

Taman kota ini terletak agak di  pinggir kota Singapura. Untuk menuju taman ini bisa dengan mengunakan MRT jalur hijau( East West Line) ke arah Joo Koon, turun di  Chinese Garden MRT Station, kemudian berjalan kaki menuju east entrance taman ini. Chinese Garden berdekatan dengan Japanese Garden terhubung oleh sebuah jembatan. Buka setiap hari dan tidak dikenakan biaya masuk (free). Kecuali Bonsai Garden (dikenakan biaya masuk $2 untuk dewasa & $1 untuk anak-anak) dan The Live Turtle & Tortoise Museum ($5 untuk dewasa, $3 untuk anak-anak).

Jika anda ingin merasakan ketenangan diri di tempat wisata yang jauh dari kesan ramai, taman kota ini sangat direkomendasikan untuk dikunjungin.

Setapak Jalan dari MRT menuju Chinese Garden

East gate Chinese Garden yang terhubung dengan jembatan merah

 
Garden of Abudance

 
Japanese Garden

Berjalan kaki di antara rindangnya pepohonan di taman ini


White Rainbow Bridge

 
Twin Pagodas

7 Storey Pagoda

Terlepas dari kata gratis untuk masuk ke taman ini, ternyata fasilitas penunjang seperti toilet sangatlah diperhatikan oleh pengelola taman. Saya terkagum oleh super bersih dan terawat nya toilet yang berkonsep China klasik di taman ini.

3. Singapore Botanic Gardens
Merupakan taman botani seluas 74 Ha yang terletak di Kawasan Tanglin. Taman ini bisa dijangkau dengan menggunakan MRT jalur kuning (circle line) turun di Botanic Gardens MRT Station kemudian berjalan mengikuti petunjuk menuju Bukit Timah Gate. Buka setiap hari dan tidak dikenakan biaya masuk (free) kecuali masuk ke National Orchid Garden ($5 untuk dewasa). Informasi lebih klik Singapore Botanic Gardens.

Anda akan dimanjakan dengan rindangnya pepohonan di sini dan hijaunya hamparan rumput. Sangat cocok untuk duduk bersantai-santai sejenak, berjalan kaki atau bersepeda . Dengan suara kicau burung menambah indah suasana. Salah satu tempat favorit saya adalah Evolution Garden, di sini kita seakan-akan ikut merasakan evolusi kehidupan tanaman di bumi dari zaman ke zaman.

With Tika @Singapore Botanic Gardens

Background : Gazebo or  know as Bandstand 

Hamparan rumput hijau

With Ummi @National Orchid Garden
Evolution Garden
Reflica of the  Ancient



Tidaklah berlebihan jika saya mengatakan Singapura itu surga ruang terbuka hijau. Contoh taman-taman buatan di atas menunjukkan bahwa pemerintah Singapura sangat peduli terhadap kelestarian lingkungan. Singapura bukan hanya sekedar menunjukkan wisata kota modern dengan segala kecanggihannya tetapi juga wisata kota yang menunjukkan bahwa modern juga harus ramah lingkungan. Go green!!

No comments:

Post a Comment