Saturday 5 July 2014

Kek Lok Si Temple, Unforgettable View of Penang

 

Kek Lok Si Temple adalah Budhist Temple terbesar di Asia Tenggara. Terletak di daerah Air Itam, Penang. Cara termudah menuju Kek Lok Si Temple, menggunakan transportasi umum, dengan menaiki Rapid Penang Bus No. 204 (201,203,502) dari Komtar Bus Terminal. Harga tiket bus 2 RM. Lama perjalanan sekitar 40 menit an. Temple ini buka setiap hari dari jam 9 pagi hingga jam 6 sore.


Peta Lokasi Kek Lok Si Temple

Sesampai nya di Kek Lok Si Bus Stop, saya berjalan melewati puluhan kios/toko penjual souvenir, baju, traditional handmade, dll khas Penang. Kebanyakan barang-barang yang dijual khas China Penang. Tiba di ground temple, terdapat taman cantik dan kolam dengan ratusan kura-kura di dalamnya. Kolam ini disebut “Liberation Pond atau Sacred Turtle Pond”. Dalam tradisi China percaya bahwa kura-kura merupakan simbol panjang umur dan kekuatan.
 Ground Temple

Suasana China begitu kentara, seakan-akan membawa saya berada di negri Tirai BambuMelewati lorong pejalan kaki, lanjut  menaiki anak tinggi ke tempat yang lebih tinggi  menuju mid section.


Desain pagoda adalah perpaduan arsitektur China, Thailand dan  Burma

Taman ground temple tampak dari mid section


Patung perunggu Kuan Yin merupakan lokasi tertinggi (hilltop) dari komplek temple ini. Untuk mencapai hilltop saya menaiki inclined lift yaitu eleavator berbentuk box yang berjalan di atas rel kemiringan 40 derajat. Harga tiket inclined lift  4 RM (return). Lokasi inclined lift agak tersembunyi di dalam sebuah toko souvenir paling ujung di bagian mid section.

Lift menuju hilltop

Bronze Kuan Yin statue dengan tinggi sekitar 30.2 meter

Dari kompleks Kuan Yin Statue ini, tampak pemandangan daratan Penang dengan latar rumah-rumah penduduk diselingi gedung-gedung tinggi, hijaunya pepohanan, perbukitan,dan laut.

Gate out/in Kuan Yin Kompleks

P.S : Selama Imlek pada bulan Januari atau Februari,  seluruh bagian Kek Lok Si Temple akan dihiasi dengan lentera yang menyala sangat indah pada malam hari. Inilah pemandangan tercantik dari temple ini “cahaya lentera berkilauan” hingga dapat dilihat dengan jelas dari Penang Hills.

No comments:

Post a Comment