Monday 30 June 2014

Penang - Malaysia’s Heritage Island

Penang (baca Pineng) merupakan sebuah Negara Bagian Malaysia, terletak di pantai barat laut Semenanjung Malaysia & Selat Malaka, yang terdiri dari Pulau Penang seluas 293 km2 dan Seberang Perai di Semenanjung Malaysia seluas 760 km2. Walaupun Penang adalah negara bagian terkecil kedua setelah Perlis, Namun dari segi kepadatan penduduk menduduki urutan pertama (Wikipedia). Penang dengan luas 1.046 km2 (termasuk daratan di Semenanjung Malaysia) dihuni sekitar 1.6 juta penduduk. Memilki keberagaman penduduk Chinese 45.6 %, bumiputera (Malaysia) 43.6 %, Indian 10.4 %, dan lainnya 0.4 %. Itulah sebabnya Penang “rich heritage” karena keberagaman “multi racial” dan “multi cultural" tersebut.


Pulau Penang (Penang Island) termasuk ke dalam “Unesco World Heritage Site” sejak 7 Juli 2008. Salah satu warisan berkelas dunia tersebut adalah George Town.  Ibukota Penang ini telah memiliki sejarah yang menarik sejak 200 tahun lalu. Kota ini memiliki banyak sekali gedung-gedung bersejarah yang menggambarkan budaya dari berbagai etnik seperti China, India, Arab, Malaysia, Aceh, Siam, Burma, dan Eropa.

Saya terpukau dengan negara bagian Malaysia ini ketika pertama kali melihatnya dari ketinggian. Gedung-gedung menjulang tinggi yang tertata rapi. Rasa kagum saya semakin bertambah ketika melihat George Town dari dekat. Dibalik perkembangan modernitas, negara bagian ini tetap merawat dengan sangat baik gedung-gedung historikal warisan peninggalan sejak ratusan tahun. George Town,  kota yang sangat rapi, bersih, dan kaya akan budaya  memang “must do visit”.

How to Get Penang...Bukannya mau melebih-lebihkan sarana & prasarana transportasi negara jiran kita ini. Kenyataannya memang Malaysia sangat memperhatikan faktor utama ini sehingga turis semakin tertarik dan mudah untuk menjangkau situs wisata mereka. Jalan darat dibuat dengan sangat baik, bagus dan lebar, menghubungkan seluruh wilayah di negara Malaysia. Bahkan jembatan terpanjang di Asia ada di Penang. Untuk mencapai Penang Island dapat ditempuh dengan 3 jalur yaitu darat, udara dan laut.

Jalur darat, dari Kuala Lumpur ke Penang dapat ditempuh dengan bus selama 5 jam (jarak kurang lebih 350 km). Kisaran harga tiket bus sekitar 35 RM, 55 RM hingga 75 RM tergantung kelas & fasilitas bus. Untuk mencapai Penang, bus akan melewati Penang Bridge sepanjang 13 km dari daratan Semenanjung Malaysia. Pemberhentian akhir bus adalah Terminal Sungai Nibong yang berjarak 10 km dari pusat kota George Town. Info lebih lanjut mengenai Penang bus operators bisa dilihat di website Journey Malaysia dan klik http://www.busonlineticket.com/ untuk reservasi .

Jalur udara, saat ini sangat banyak sekali opsi penerbangan langsung (khususnya low cost) dari KL, Singapore, Jakarta, Medan, dll menuju Bayan Lepas International Airport, Penang. Harga tiket pesawat one way mulai dari 50 RM dapat diperoleh dari promo-promo maskapai seperti Air Asia, FireFly, & Tiger Airways. Dari airport menuju George Town berjarak sekitar 14 km. Untuk mencapai pusat kota alternatif transportasi dari airport yaitu dengan Rapid Penang Bus nomor 102, 401, atau 401E. Dengan harga tiket bus sekitar 2.7 RM.  Info lebih lanjut klik “Rapid Penang

Jalur laut, Jika mengunjungi Penang dari Langkawi atau Medan , ferry bisa menjadi alternatif transportasi. Jika menggunakan transportasi ini ada baiknya check kondisi atau cuaca di perairan karena terkadanag cuaca di Selat Malaka tidak bersahabat di waktu tertentu. Ferry dari Langkawi berangkat setiap 2 kali sehari ( departure time 14.30 dan 17.30, dengan harga tiket 60 RM one way). Ferry dari Medan seharga 110 RM one way berangkat setiap Selasa, Kamis dan Sabtu jam 11.00 ( lama perjalanan sekitar 6-7 jam).

Tambahan info, saat ini sedang dibangun Penang Bridge II sepanjang 24 km yang menghubungan Batu Maung (daerah tenggara Pulau Penang) ke Batu Kawan (daerah daratan semenanjung Malaysia). Apabila jembatan ini nantinya resmi dibuka (rencana tahun 2014), semakin mempermudah untuk menuju ke Penang Island melalui jalur darat dari daratan Semenanjung Malaysia.

Why do You Must Visit Penang?...Ketika membaca brosur wisata “Visit Penang. Penang memiliki awards dan julukan yang membuat nya terkenal mendunia, diantaranya :

  • Ranked 2nd in The New York Times ‘The 44 Places To Go in 2009
  • Ranked 8th in ECA International’s Most Livable & Workable City in Asia
  • Ranked in Yahoo Travel’s Top 10 Islands to Explore before You Die
  • George Town UNESCO’s World Cultural Heritage Site in July 2008
  • Asia’s 10 Gretaest Street Food Cities in 2012. Hingga katanya di brosur wisata “Penang is Food Paradise of Asia”
Membaca list award tersebut membuat saya iri dan tidak menyangka Penang begitu terkenal secara mendunia. Tidak salah memang, begitu banyak turis asing yang berseliweran di Penang.  Jadi teringat cerita Rafizan : dia sudah menerima puluhan orang dari berbeda negara, menjadi guest nya di Penang. Lain lagi cerita Luci “couchsurfer dari Cheko, dia bercerita bahwa kebanyakan traveler dari barat seperti dia tertarik ke Penang karena ingin mengunjungi pantai di Penang. Padahal kan ya menurut saya masih jauh lebih bagus pantai di Indonesia

Intinya...alasan traveler dunia begitu tertarik mengunjungi Penang, tidak lain karena promosi wisata gila-gilaan pemerintah Malaysia tentunya. Penang sebagai Malaysia’s Heritage Island berkelas dunia adalah alasan yang membuat saya benar-benar ingin traveling ke pulau ini.

Selanjutnya...

No comments:

Post a Comment